Selama Bulan Ramadhan, MAN Bengkulu Selatan Laksanakan Pembelajaran Khusus Bidang Keagamaan

Bengkulu Selatan (Humas) – Seluruh peserta didik kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan hari ini kembali mengikuti kegiatan pembelajaran setelah libur Asesmen Madrasah Kelas XII.


Menurut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN Bengkulu Selatan Usman Gumanti, S.Pd. sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Pendis No.180.5/D.J.I/Dt.I.I/PP.00/03/2004 tentang kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadhan, maka KBM hanya difokuskan untuk program bimbingan  ibadah Ramadan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa semisal pesantren Ramadan atau aktivitas pembinaan keagamaan lainnya.


“Selama bulan Ramadhan kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 12.30 WIB dengan pembagian waktu khusus untuk para guru pembimbing.  Kegiatan diawali dengan salat Dhuha sebelum masuk materi dan diakhiri dengan Sholat dzuhur secara berjamaah di Masjid Az Zahra,” Ungkap Usman Gumanti saat memantau pelaksanaan pembelajaran Ramadhan di Masjid Az Zahra MAN Bengkulu Selatan hari ini, Senin (02/4/2024).


Sementara itu, Pembina Keagamaan Subirman menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran selama bulan suci Ramadhan ini dilaksanakan dalam bentuk praktik dan pendalaman keagamaan serta tadarus alqur’an sesuai jadwal yang telah disusun sebelumnya.


Adapun kegiatan selama bulan Ramadan diawali dengan sholat dhuha, pembacaan Alma Surah, Tadarus dan pembinaan baca Iqra bagi siswa yang belum Al-quran, penyampaian materi oleh guru pembimbing atau wali kelas, praktik pembayaran zakat, dan diakhiri dengan Sholat Dzuhur berjamaah.


Senada dengan itu Kepala Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan Buyung Kalil, M.Pd.I. yang pada saat ini berada di Bengkulu dalam rangka kegiatan Dinas Luar Kota melalui whatApp menyampaikan apresiasi dan dukungan atas kegiatan pembinaan keagamaan selama Ramadan " mohon maaf belum bisa membersamai anak-anak dalam kegiatan ini, dan terima kasih kepada seluruh dewan guru yang sangat antusias dalam membimbing siswa " ujarnya.


Kegiatan ini akan berlangsung selama satu pekan dan akan ditutup dengan dengan pembagian zakat fitrah pada hari Jumat nanti.  Semoga program ramadhan ini bisa memberikan manfaat pada peningkatan kualitas ibadah siswa bukan hanya saat ini, tapi juga setelah bulan Ramadhan, harapnya. (Erlen)