Aprizal Herwanto

Aprizal Herwanto

MANBSonline-(04/08), Pada hari Selasa, tanggal 04 Agustus 2020, pukul 08.30 WIB. sampai selesai, bertempat di ruang guru dan ruang TU, dilaksanakan Kegiatan Pembinaan, Monitoring Dan Evaluasi (Monev)  Terpadu Kemenag Bengkulu Selatan. Tim Monev dipimpin langsung Kepala KanKemenag Bengkulu Selatan H. Arsan S Ibrahim, M.HI dan Kasubag TU  H. Jasman, M.HI, serta turut serta diantaranya Pokjawas Kemenag Bengkulu Selatan, para kepala seksi terkait dan rombongan. Kegiatan tersebut diikuti Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kepala TU, para guru, dan seluruh staf MAN Bengkulu Selatan. Kegiatan Monev Terpadu ini merupakan evaluasi terhadap kinerja, temuan-temuan dan kendala-kendala yang ditemukan pada pelaksaan tugas guru dan staf serta tugas sebelumnya.

Monev 1

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan H. Arsan S Ibrahim, M.HI, menyampaikan agar seluruh personil guru dan staf MAN Bengkulu Selatan disiplin dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan saling bahu membahu mulai dari Kamad, Wakil Kamad, dan kepala TU serta seluruh staf karyawan. Lebih lanjut beliau menyampaikan agar seluruh personil MAN Bengkulu Selatan meningkatkan kinerja dan capaian penyelesaian tugasnya, saling bersinergi dalam pelaksaan tugas dan pelayanan hingga tuntas.

Dalam kegiatan Monev ini, tampak para guru diperiksa baik kesiapan administrasi maupun proses pembelajarannya, begitupun personil Tata Usaha diperiksa procedural dan keadministrasiannya. Dan setelah tim menganggap cukup, maka dilanjutkan dengan rapat penyampaian hasil pemeriksaan. Dalam penyampaian akhir tim Monev disampaikan bahwa tujuan dilaksanakan Monitoring Evaluasi (Monev) ini yaitu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program di madrasah.  Diantaranya pembinaan kepegawaian, pelaksanaan pengelolaan  anggaran, tata persuratan, dan sistem pelaporan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Monev 3

Tim Monev yang telah meneyampaikan hasil pemeriksaan, mengharapkan seluruh personil MAN Bengkulu Selatan melaksanakan hasil evaluasi bersama sebagai upaya konsistensi melaksanakan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab.

Dari hasil tim Monev, menyampaikan apresiasinya secara keseluruhan, dengan nilai baik. “Jangan cepat puas dengan hasil yang dicapai, teruslah belajar memperbaiki diri meningkatkan potensi apa yang menjadi tujuan madrasah bisa tercapai. Selamat buat teman-teman,” pesan Usman Gumanti, S.Pd.

Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I menyampaikan “Apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi dari teman-teman dalam bekerja untuk tujuan organisasi madrasah kita. Saya berharap sinergi yang telah terbangun dapat ditingkatkan”.

Mengakhiri sambutannya, Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I menyampaikan terima kasih kepada tim pembinaan terpadu atas kerja keras dalam membantu mengevaluasi kinerja MAN Bengkulu Selatan. (Ich_AbuHanifah)

Berita Kanwil Kemenag Bengkulu Bengkulu Selatan

wa 1

MANBSonline-(03/08) Pada hari Sabtu 1 Agustus 2020 bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1441, panitia qurban MAN Bengkulu Selatan melakukan penyembelihan sapi dan kembing di momentum hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Dalam masa “Tatanan Baru” waspada pandemic covid-19, perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dijadikan sebagai momentum bagi MAN Bengkulu Selatan untuk berbagi sesama mewujudkan solidaritas social yang produktif, khususnya bagi masyarakat sekitar madrasah.

Kegiatan semangat berqurban ini merupakan ibadah menjalankan perintah agama,selain itu juga untuk menanamkan kepedulian berbagi antar sesama, dan menjadikan motivasi bagi pendidikan karakter kepada peserta didik madrasah agar memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi.

Panitia qurban MAN Bengkulu Selatan, melakukan penyembelihan tiga ekor sapi dan dua ekor kambing. “Alhamdulillah pada hari raya Idul Adha tahun ini, walaupun dengan persiapan yang tidak terlalu lama, semangat berqurban dan kepudulian sosial  civitas madrasah guru dan karyawan MAN Bengkulu selatan semakin meningkat dalam bingkai ibadah di momentum Idul Adha 1441 H,” ujar Marlena Irsis, M.Pd yang juga menjabat Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarpras.

Ketua Panitia Qurban yang juga Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Joniarti, S.Pd, mengatakan dari hewan qurban tersebut, madrasah lantas membagikan ratusan paket daging kepada warga yang membutuhkan. “Semoga semangat berkurban ini menjadi inspirasi dan kepedulian antar sesama untuk saling berbagi. Ini juga juga akan meningkatkan semangat kerukunan, mempererat tali persaudaraan, dan toleransi di antara sesame civitas madrasah kita dan masyarakat.” ungkapnya.

Pada saat aktifitas penyembelihan hewan qurban di MAN Bengkulu Selatan, terlihat kehadiran H. Arsan S. Ibrahim, M.Hi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan bersilaturrahmi dengan segenap panitia qurban, guru dan karyawan MAN Bengkulu Selatan.

Terkait pelaksanaan qurban di MAN Bengkulu Selatan, Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd sebagai kepala madrasah mengatakan agar MAN Bengkulu Selatan bermanfaat di lingkungan baik internal madrasah maupun eksternal. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi hingga terselenggarnya acara ini, terima kasih kepada para pequrban  bapak dan ibu guru, karyawan serta para donatur yang memberikan amanah kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging kurban kepada warga yang membutuhkan.Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," sambungnya.

“Semoga momentum hari raya Idul Adha ini, semakin mendekatkan kita kepala Allah, SWT, dengan semangat berqurban untuk solidaritas social dalam tatanan baru, produktif dan aman dari covid-19,” pungkasnya.(Ich_AbuHanifah)

Berita Kanwil Kemenag Bengkulu MANBS Bangkitkan Semangat Berqurban Di Momentum Idul Adha 1441 H

MANBSonline-(28/07), Perhelatan OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tahun 2020 yang berubah menjadi KSN (Kompetisi Sains Nasional) tingkat kabupaten/kota telah dilangsungkan dan menuju perhelatan KSN tingkat provinsi (KSN-P). Hari ini Senin (28/07/2020), salah seorang siswa MAN Bengkulu Selatan yang terpilih mengikuti Ujicoba KSN-P secara daring sebagai persiapan menuju pelaksanan KSN-P Agustus 2020 mendatang.

Siswa perwakilan MAN Bengkulu Selatan yang berhasil menorehkan prestasi KSN di tingkat Kabupaten (KSN-K) pada mata pelajaran Astronomi, atas nama Mutia Maghfira kelas XI IPA 2, yang meraih posisi peringkat satu terbaik KSN-K Bengkulu Selatan pada 10 Maret 2020 yang lalu, hari ini (28/07/2020) di ruang Lab.Komputer madrasah, mengikuti tryout KSN-P sejak pukul 08.00 WIB setelah sebelumnya mengupload surat izin orang tua dan fakta integritas yang disyaratkan.

Untuk sampai ketingkat ini Mutia tidak serta merta hanya ikut Kompetisi tahunan ini begitu saja. Mutia dengan intens melakukan bimbingan dengan guru pembina KSN Astronomi di madrasah pada jam pengembangan diri. Dengan sentuhan tangan dingin Erlen Gustiana, S.Pd sebagai guru pembinanya, Mutia Maghfira dikit demi sedikit menguasai ciri-ciri soal-soal yang biasanya muncul pada KSN dan melatih kemampuannya.

Besar harapan disematkan kepada Mutia untuk mengharumkan nama madrasah MAN Bengkulu Selatan. Erlen Gustiana, S.Pd mengatakan "semoga kita bisa mewakili Bengkulu ditingkat Nasional dan membawa pulang Juara KSN Astronomi 2020, Aamiin", harapnya.

Kepala Madrasah Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I mengatakan semoga anak didik kita Mutia Maghfira tetap sehat dan semangat mengikuti kompetisi ini dengan terus melatih kemampuannya dalam membahas soal-soal, dan kita doakan perjuangannya di KSN-P nantinya berhasil dengan baik. "Terimaksih kepada anak-anak peserta didik kita dan juga guru guru pembinanya yang bersinergi dalam memacu prestasinya, mengharumkan madrasah kita. Semoga hasil yang terbaik yang kita dapatkan, terus semangat untuk Mutia", sampainya. (Ich_AbuHanifah)

 Berita Kanwil Kemenag Bengkulu Siswa MAN Bengkulu Selatan Ikuti Ujicoba KSN Tahap II Secara Virtual

MANBSonline-(23/07), OSIS MAN Bengkulu Selatan masa bakti 2019/2020 menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2020-2021 dengan sistem demokratis seperti pemilihan umum (Pemilu). Kamis (23/07/2020) kegiatan pencoblosan pemilihan ketua OSIS digelar di lapangan utama madrasah. Pemili­han ketua dan wakil OSIS MAN Bengkulu Selatan ini begitu demo­kratis dan persis layaknya sebuah pemi­lihan umum kepala daerah. Pemilihan yang di awali dengan tahapan sosialisasi, penjaringan sampai pencoblosan ini diran­cang khusus sejak awal tahun pelajaran ini, untuk memper­kenalkan sis­­wa ten­tang Pemilu dan iklim de­mokrasi.

Sebelum jadwal pemilihan ketua OSIS, ada jadwal kampanye. Kandidat-kandidat ketua OSIS dan MPK (majelis perwakilan kelas) melakukan kam­panye di WA Group "Anak MANBS" maupun kampanye terbuka yang di sediakan Panitia pemilihan dengan me­nyam­paikan visi dan misi mereka terhadap kepengurusan OSIS ke depannya.Beragam visi misi disampaikan untuk menarik simpati pemilih.

Pemilihan yang digelar hari ini, 23 Juli, benar-benar di konsep layak­nya Pemilu dengan melibatkan kepengurusan OSIS yang aktif sebagai Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Madrasah yang mengatur Tem­pat Pemungutan Suara (TPS).

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), termasuk juga didalam daftar pemilih adalah seluruh dewan guru dan karyawan. Setelah menyerahkan undangan, guru dan kayawan serta para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para pemilih guru & siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, surat suara dilipat seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd, mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar sejak tahun tahun yang lalu di MAN Bengkulu Selatan. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan sekaligus mengenalkan peserta didik tentang tahapan dalam Pemilu.“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, sampainya.

“Di tahun yang akan datang mereka akan menjadi pemilih muda untuk pemilu-pemilu seperti kepala daerah maupun presiden. Untuk itu perlu dikenalkan bagaimana iklim demo­krasi pada mereka, agar da­pat menggunakan hak suara dengan bijak nantinya”, ujar kepala madrasah.

Pembina OSIS MAN Bengkulu Selatan Candra Irmawati, S.Pd mengungkapkan aktivitas pemilihan ketua osis yang digelar sebagaimana pemilu tersebut guna memberikan pemahaman dan pela­jaran langsung kepada siswa tentang demokrasi. “Menurut saya model seperti ini bagus, karena negara kita juga setiap lima tahun sekali mengadakan Pemilu. Saya yakin jika dibina sekarang akan memberikan pembelajaran bagi para siswa untuk berde­mok­rasi,” katanya. (Ich_AbuHanifah)

Berita Kanwil Kemenag Bengkulu Pembelajaran Demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS MAN Bengkulu Selatan

Halaman 1 dari 25