(0 pemilihan)

Pembelajaran Demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS MAN Bengkulu Selatan Pilihan

MANBSonline-(23/07), OSIS MAN Bengkulu Selatan masa bakti 2019/2020 menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2020-2021 dengan sistem demokratis seperti pemilihan umum (Pemilu). Kamis (23/07/2020) kegiatan pencoblosan pemilihan ketua OSIS digelar di lapangan utama madrasah. Pemili­han ketua dan wakil OSIS MAN Bengkulu Selatan ini begitu demo­kratis dan persis layaknya sebuah pemi­lihan umum kepala daerah. Pemilihan yang di awali dengan tahapan sosialisasi, penjaringan sampai pencoblosan ini diran­cang khusus sejak awal tahun pelajaran ini, untuk memper­kenalkan sis­­wa ten­tang Pemilu dan iklim de­mokrasi.

Sebelum jadwal pemilihan ketua OSIS, ada jadwal kampanye. Kandidat-kandidat ketua OSIS dan MPK (majelis perwakilan kelas) melakukan kam­panye di WA Group "Anak MANBS" maupun kampanye terbuka yang di sediakan Panitia pemilihan dengan me­nyam­paikan visi dan misi mereka terhadap kepengurusan OSIS ke depannya.Beragam visi misi disampaikan untuk menarik simpati pemilih.

Pemilihan yang digelar hari ini, 23 Juli, benar-benar di konsep layak­nya Pemilu dengan melibatkan kepengurusan OSIS yang aktif sebagai Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Madrasah yang mengatur Tem­pat Pemungutan Suara (TPS).

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), termasuk juga didalam daftar pemilih adalah seluruh dewan guru dan karyawan. Setelah menyerahkan undangan, guru dan kayawan serta para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para pemilih guru & siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, surat suara dilipat seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd, mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar sejak tahun tahun yang lalu di MAN Bengkulu Selatan. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan sekaligus mengenalkan peserta didik tentang tahapan dalam Pemilu.“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, sampainya.

“Di tahun yang akan datang mereka akan menjadi pemilih muda untuk pemilu-pemilu seperti kepala daerah maupun presiden. Untuk itu perlu dikenalkan bagaimana iklim demo­krasi pada mereka, agar da­pat menggunakan hak suara dengan bijak nantinya”, ujar kepala madrasah.

Pembina OSIS MAN Bengkulu Selatan Candra Irmawati, S.Pd mengungkapkan aktivitas pemilihan ketua osis yang digelar sebagaimana pemilu tersebut guna memberikan pemahaman dan pela­jaran langsung kepada siswa tentang demokrasi. “Menurut saya model seperti ini bagus, karena negara kita juga setiap lima tahun sekali mengadakan Pemilu. Saya yakin jika dibina sekarang akan memberikan pembelajaran bagi para siswa untuk berde­mok­rasi,” katanya. (Ich_AbuHanifah)

Berita Kanwil Kemenag Bengkulu Pembelajaran Demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS MAN Bengkulu Selatan

Baca 173 kali