(0 pemilihan)

GIAT PRAMUKA 07027-07028 AMBALAN KHALID BIN WALID, AMBALAN HAFSAH BINTI UMAR BIN KHATAB Pilihan

MAN BS - Model pelaksanaan ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kurikulum 2013. Seiring dengan diberlakukannya kurikulum 2013, kepramukaan (latihan pramuka) ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di tingkat satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, serta SMA/MA, dan SMK/MAK. Sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Kegiatan Pendidikan Kepramukaan di MAN Bengkulu Selatan menjadi salah satu ekskul yang wajib diikuti oleh seluruh siswa madrasah. 

KBW HBU 1A

MAN Bengkulu Selatan hari ini Sabtu hingga Minggu besok (01-02/9) menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu yang lazim disingkat dengan Persami. Perkemahan merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara out door. berkemah juga melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dsb. Kegiatan Pramuka di MAN Bengkulu Selatan menjadi salah satu ekskul yang wajib diikuti oleh seluruh siswanya.  Usai upacara yang dipimpin oleh Pengurus Gudep 07027 - 07028, dan Kamabigus Kakak Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I sebagai pembina upacara yang membuka acara secara resmi di bumi perkemahan taman madrasah MAN Bengkulu Selatan pada sabtu (01/9 ) siang.

KBW HBU 8

Berbagai macam kegiatan diadakan yang bertujuan mempraktekkan sistem hidup berjamaah atau beregu/sangga, memperkuat ukhuwah, serta mempraktekkan hidup sederhana, karena sejatinya tujuannya diadakan perkemahan adalah untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan. 

KBW HBU 9B

Pada malam ahad nanti, secara bersamaan kegiatan api unggun dilaksanakan sebagai sarana pendidikan. Mengapa selalu ada api unggun di setiap kegiatan pramuka, Kak Niswah Hasanah, S.Pd menjelaskan bahwa api unggun bukanlah acara seremonial belaka, tapi terdapat makna, “kita selalu memiliki semangat yang selalu membara, berkobar menyala seperti nyala api unggun, tantangan rintangan hidup pasti ada, seperti halnya api membakar yang lainnya, tapi dengan kesabaran seluruh tantangan rintangan bisa diselesaikan dengan tuntas seperti api melalap kayu, untuk itu semangat kita harus terus tertanam dalam diri dan hati kita, berani hidup tak takut mati, persiapkan diri kita dari sekarang”, Ujarnya.

Untuk itulah, perlunya kegiatan perkemahan bagi siswa madrasah karena perkemahan ini merupakan salah satu media pendidikan, melalui kegiatan kepramukaan ini menjadi salah satu proses pendidikan yang mempersiapkan generasi unggul dimasa akan datang. Ichal-AbuHanifah

Baca 1299 kali Terakhir diubah pada Minggu, 02 September 2018 01:02

Cari

Pengunjung

1062645
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
437
1050685
30137
1062645

Your IP: 34.204.191.145
2020-07-10 04:07